Home » Pembangunan » TENDER PROYEK GAGAL. LSM APIJ SOROT REVITALISASI TERMINAL PURABAYA. (BAGIAN 1)

TENDER PROYEK GAGAL. LSM APIJ SOROT REVITALISASI TERMINAL PURABAYA. (BAGIAN 1)

Views : 238 views

Terminal Purabaya Kabupaten Sidoarjo

Sidoarjo, JP.

Tender lelang paket pekerjaan Revitalisasi Terminal Penumpang Tipe A Purabaya Sidoarjo, Kode Tender 89688114, HPS Rp.29.275.735.000,-, sumber pendanaan APBN Direktorat Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Tahun Anggaran 2023, dinyatakan gagal dengan alasan tidak ada peserta yang lulus evaluasi penawaran.

Hal tersebut diketahui Media Jurnal Pembangunan (22/3) dari informasi yang dibeberkan oleh Bang Ian selaku Ketua Badan Pimpinan Wilayah (BPW) Jawa Timur LSM Perkumpulan Aliansi Perduli Indonesia Jaya (APIJ).

“Dari 78 peserta yang mendaftar, 11 peserta memasukkan penawaran. Dari 11 perusahaan yang memasukkan penawaran tersebut, terdapat beberapa perusahaan yang sudah mapan, dan ada juga yang mendapat predikat “raja” proyek di Jawa Timur”, ungkap Bang Ian.

Menurut Bang Ian, ada keanehan dalam proses lelang tersebut, hingga tender dinyatakan gagal. Dimana menurutnya, kecil kemungkinan perusahaan-perusahaan yang sudah mapan seperti PT. Inti Jawa Teknik, PT. Indopenta Bumi Permai, dan PT. Cipta Karya Multi Teknik tidak memenuhi kualifikasi administrasi, maupun bermasalah dalam hal penawaran.

“Mudahan-mudahan gagal tender tersebut bukan disebabkan adanya perusahaan titipan oknum pejabat Kementerian Perhubungan yang tidak masuk nominasi calon pemenang, sehingga tender diulang kembali”, tandas Bang Ian.

Informasi yang berhasil dihimpun Media Jurnal Pembangunan dari beberapa sumber, diketahui item pekerjaan yang dilaksanakan pada proyek Revitalisasi Terminal Penumpang Tipe A Purabaya  Sidoarjo diantaranya pembongkaran paving, pembongkaran kanstin, pembongkaran RPPJ, pembongkaran LPJU, pengecoran beton rigid K-350 Readymix, serta beberapa item pekerjaan lainnya.

Bersambung (*)

Bagikan ini:

Posted in

Jangan Lewatkan